Dampak Negatif Kosmetik

Menggunakan kosmetik mungkin sudah menjadi kebiasaan yang tidak bisa ditinggalkan oleh kebanyakan wanita. Bahkan kadang kosmetik dianggap sebagai ciri khas alami pada wajahnya. Misalnya, saat tidak menggunakan lipstik, seorang wanita terlihat seperti sedang sakit, padahal itu adalah kondisi yang sesungguhnya. Tanpa disadari hal tersebut adalah salah satu kerugian dalam menggunakan make up lho. Kira-kira apalagi sih kerugiannya? Simak info Diva berikut.

1. Munculnya Rasa Ketergantungan Terhadap Kosmetik
Selalu menggunakan kosmetik dapat menjadikan seseorang memilki pola pikir bahwa ia tidak bisa tampak baik tanpa make up. Hal tersebut dapat mengikis kepercayaan diri seseorang hingga tidak berani tampil di luar rumah tanpa polesan kosmetik. 

2. Sakit Kepala

Pernahkah Ladies merasa pusing setelah lama menggunakan kosmetik tebal? Hal tersebut disebabkan karena kosmetik mengandung bahan yang bisa menyebabkan manusia tidak sadarkan diri. Untuk itu, batasi penggunaan kosmetik, jangan terlalu sering dan jangan juga terlalu tebal. Bersihkan juga kosmetik secara tuntas setelah selesai beraktivitas. 

3. Masalah Reproduksi
Mandi dengan bubble bath atau menggunakan minyak jenis tertentu pada kulit dapat menyebabkan ketidaksuburan bagi wanita. Selain itu, penelitian menemukan bahwa kosmetik yang mengandung asbestos seperti bedak talc akan menyebabkan ketidaksuburan jika tersentuh langsung di organ-organ reproduksi. 

4. Penuaan
Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa bahan-bahan kimia pada kosmetik dapat menyebabkan penuaan. Namun, sudah tahukah Ladies bahwa pelembap dan krim anti-aging juga menyebabkan penuaan? Walau tidak semua, namun ada beberapa jenis pelembap dan krim anti-aging yang berbahaya. Pintar-pintar dalam memilih produk ya, Ladies. 

5. Kanker dan Penyakit Kronis Lainnya
Hindari kosmetik yang mengandung bahan kimia sepertizinc oxide, BHA, barium sulphate dan alluminium, terutama untuk produk lipstik karena lipstik merupakan produk kecantikan yang sering tertelan secara tidak sengaja. 

6. Berbahaya Bagi Mata
Eye shadow, eye liner maupun maskara semuanya memiliki bahaya yang sama bagi mata. Maskara mengandung bakteri pseudomonas aeruginosa yang dapat menyebabkan kebutaan apabila masuk ke dalam mata. Selain itu, bahan-bahan dalam eye liner maupun maskara dapat menyebabkan kerontokan pada bulu mata. 

7. Penyakit Kulit
Penyakit kulit palings sering disebabkan oleh krim pemutih dan sunblock. Biasanya kosmetik tersebut akan menyebabkan perubahan warna kulit permanen yang berujung pada kerusakan kulit. 

Menggunakan kosmetik tentu boleh saja, namun batasi juga frekuensinya dan perhatikan juga bahan di dalamnya. Sebaiknya, Ladies mengonsultasikan kosmetik pilihan Ladies kepada ahlinya sebelum menggunakannya. Lagipula sesungguhnya wanita akan tampak cantik alami tanpa kosmetik. Mulai sekarang kurangi penggunaannya, ya.

Artikel Terbaru

Rahasia Kecantikan Wanita Korea yang Bisa Kamu Tiru!

Photo Credit: PexelsWanita Korea memang identik memiliki paras wajah yang cerah. Kulit mereka

Perbedaan Makeup Korea dan Jepang yang Wajib Kamu Tahu!

Photo credit: pixabay.comSebagai kiblat tren makeup masa kini, Korea dan Jepang memberikan pengaruh

4 Langkah Memiliki Mata Indah dan Bersinar!

Photo Credit : Pexels.comMata yang sehat mampu memancarkan kecantikan alamimu. Tetapi sayangnya,

Cara Mencerahkan Wajah Secara Alami dengan Beras

Photo Credit: Congerdesign (pixabay.com)Kecantikan identik dengan kulit yang bersih dan cerah.